Senin, 15 September 2008

Ayam Sakti Dipenggal Kepalanya Masih Hidup !

Mungkin hanya warga Kota Fruita di negara Bagian Colorado, AS yang setiap tahun merayakan ulang tahun seekor ayam. Pada acara peringatan tahun ini yang jatuh pada 20-21 Mei 2006 lalu bahkan digelar konser musik, terbang ekshibisi, dan lomba lari sepanjang 5 mil dengan tema “Berjalan dengan langkah penuh semangat seperti Michael”. Sebuah monumen patung bahkan telah dibuat untuknya.

Peringatan terhadap seekor ayam bernama Michael (Mike) ini tentu memiliki riwayat yang unik. Sebenarnya Michael adalah seekor ayam jantan yang tetap bisa bertahan hidup selama 18 bulan meski kepalanya dipotong. Ceritanya pada 1945, petani Lloyd Olsen yang tinggal di Fruita, bermaksud menjamu mertuanya dengan makan bersama. Untuk itu, istrinya mengambil seekor ayam berusia sekitar 5 bulan lebih dari kandangnya, lalu menyembelih ayam itu untuk menu makanannya.

Karena mertuanya suka makan leher ayam, maka ketika dia memotong kepala ayam itu tak sepenuhnya putus, sehingga ayam tidak mati. Awalnya reaksi Michael sangat kuat, tapi, tidak lama kemudian dapat berjalan normal, seolah-olah tidak terjadi apa-apa. Karena itu, Olsen membiarkan ayam tetap hidup, supaya ia tidak disantap mertuanya.

Anehnya, sang ayam yang kepalanya habis dipotong bisa menjaga keseimbangan, dan dengan lamban berjalan ke kandang, bahkan bermaksud merapikan bulunya. Setelah Michael tidak mati, Olsen memutuskan untuk memelihara ayam itu selamanya. Ia memberi makan dengan campuran air dan susu melalui botol kecil obat tetes mata, disamping itu juga diberi tambahan jawawut dan lima jenis padi-padian. Saluran makanannya sesekali terhambat oleh lendir, disaat demikian Olsen akan membersihkannya dengan injector.

Begitulah cara Michael bisa bertahan hidup, ia bisa berjalan ke kandang yang tinggi dan tidak jatuh. Ia juga bisa berkokok, meski dengan suara parau dan lemah, namun ia tidak bisa berkokok saat fajar menyingsing. Lebih aneh lagi, bobotnya terus bertambah. Olsen mengatakan bahwa saat kepala Michael putus bobotnya hanya sekitar 2 ½ pon, saat ia mati, diluar dugaan bobotnya bertambah hampir 8 pon.

Olsen pernah membawa ayamnya itu ke Universitas Utah untuk diperiksa. Dokter mendapati bahwa meski kepala Michael sudah putus, namun mungkin karena masih ada seurat saraf utama yang belum tersentuh, sehingga dia bisa hidup. Terlepas dari kontraversinya, banyak orang dari New York, Atlanta, Los Angeles dan Santiago berduyun-duyun menyaksikan Michael. Namun, Olsen menarik sumbangan dari orang yang ingin melihat sebesar 25 sen dolar AS, sehingga telah mendatangkan keuntungan baginya sebesar 4.500 dolar AS/bulan. Karena sumbatan lendir, Michael akhirnya mati pada Maret 1947.

(Sumber: Dajiyuan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar