Sabtu, 06 September 2008

Lumba-Lumba Yang Bisa Jadi Kapal Selam

kapal selam lumba-lumba
kapal selam lumba-lumba

Pasti saat kamu masih kecil ada yang membayangkan bisa berselancar bersama ikan lumba-lumba. Sesuatu yang mustahil memang. Tapi sekarang itu bukan khayalan lagi, tapi benar-benar menjadi kenyataan.

Sebuah kapal selam mini, yang dibentuk menyerupai seekor lumba-lumba sudah diciptakan. Kapal selam mini ini dinamakan Seabreacher, Salah satu jenis kendaraan air yang memiliki kekuatan cukup besar. Karena Lumba-lumba tiruan ini bisa bergerak dengan cepat di atas permukaan air atau di bawah permukaan air, kecepatan yang dimilikinya juga sangat tinggi.

Bukan hanya itu, kendaraan ini juga bisa melayang di atas air seperti layaknya seekor lumba-lumba. Kendaraan ini didesain oleh dua orang pria dengan biaya 30.000 euro atau sekitar 400 juta rupiah, sampai kendaraan ini benar-benar mirip dengan lumba-lumba aslinya. Mini kapal selam ini mempunyai kecepatan 45mph daiats permukaan air dan 20mph kalau di bawah permukaan air.

Kapal selam mini ini juga dilengkapi dengan kaca berkualitas tinggi agar tidak mudah bocor, juga disiapkan beberapa mesin penyimpan udara ketika berada di bawah permukaan air. Di California, hanya akan dibuat 20 buah kapal selam mini ini. Khusus diperuntukan bagi orang yang mampu dan suka berlayar. Kapal selam mini ini memakai bahan polycarbonate yang tembus pandang, jenis bahan yang sama digunakan oleh pesawat F-16.

Rob Innes, dari Perusahaan Desain Innespace, mengatakan “Anda bisa menggerakan kapal ini dengan sangat cepat 45 mph di atas permukaan dan dibawah permukaan sekitar 20 mph. Jika di bawah permukaan air sudah kehabisan oksigen, maka kapal selam ini akan keluar dari permukaan secara otomatis. Tapi jika anda menginginkan waktu yang lebih lama di bawah permukaan air anda bisa menggunakan system snorkel yang ada”.

(ananova/ais) rileks

Tidak ada komentar:

Posting Komentar