Jumat, 31 Oktober 2008

Tempat - Tempat Paling Buruk Bagi Wanita di Dunia !


Ketika beberapa dari 3,3 miliar perempuan di dunia menjadi pemimpin atau anggota parlemen dan pimpinan di berbagai perusahaan raksasa, masih banyak tempat-tempat di dunia yang menjadi “neraka” bagi perempuan. Berikut sedikit dari yang terburuk.

Haiti
Hampir 50 persen perempuan di wilayah Shanty Town, Haiti, pernah diperkosa atau mengalami pelecehan seksual. Pengadilan terhadap para pemerkosa itu baru dimulai tiga tahun terakhir ini.

Nepal
Perempuan yang melek huruf di negara ini baru 35 persen. Bila gadis-gadis remaja di sana tak segera menikah, banyak yang dijual oleh keluarganya ke pasar perdagangan perempuan.

Sierra Leone
Ini adalah tempat terburuk untuk perempuan, menurut laporan UNDP (United Nation Development Programme). Hanya 24 persen perempuan yang melek huruf dan satu dari delapan perempuan meninggal selama kehamilan atau kelahiran. Angka harapan hidup di sini hanya 43 tahun.

Afghanistan
Setiap setengah jam, seorang ibu meninggal saat melahirkan. Angka kematian akibat kelahiran tertinggi di dunia. Kekerasan dalam rumah tangga merupakan hal yang biasa, bahkan 87 persen perempuan Afghan pernah disiksa oleh anggota keluarganya.

Nigeria
Hanya 4 persen perempuan yang punya akses terhadap kontrasepsi dan 67 persen proses persalinan terjadi tanpa bantuan tenaga kesehatan di negara yang berbatasan dengan Libya dan Nigeria ini.

Papua Nugini
Gadis-gadis di sini hanya punya kesempatan selama 5 tahun untuk bersekolah sebelum terpaksa bekerja. Mereka juga 4 kali lebih besar berisiko terkena HIV AIDS dibandingkan dengan pria.

samsara blog

Tidak ada komentar:

Posting Komentar