Selasa, 30 Desember 2008

Ilmuwan Terbaik di Dunia Tahun 2008 !

Ilmuwan Terbaik Tahun Ini

Ilmuwan Terbaik Tahun Ini

New Scientist menobatkan delapan ilmuwan sebagai pahlawan tahun ini. Tiga orang nonilmuwan juga mendapat penghargaan, karena kepeduliannya pada ilmu pengetahuan. Sementara penyebar teror virus antrax sebagai ilmuwan paling jahat.

Ilmuwan pertama yang dianggap pahlawan adalah Steven Chu. Penerima nobel dan Direktur Laboratorium Lawrence Berkeley National ini, awal Desember lalu ditunjuk sebagai menteri energi oleh pemerintahan Barack Obama.

Sebagai promotor solusi ilmiah untuk perubahan iklim dan energi yang bisa diperbaharui, Chu sepertinya sangat cocok untuk jabatan itu. Apalagi AS merupakan negara yang paling banyak memboroskan energi. Dengan posisi yang disandangnya itu, Chu bisa dianggap sebagai ilmuwan paling berpengaruh di 2009 mendatang.

Ilmuwan berprestasi selanjutnya adalah George Church. Lulusan Universitas Harvard ini mendirikan perusahaan pertamanya yang mengidentifikasi genome dan merekayasa bakteri untuk menghasilkan biodiesel. Dia mempublikasikan paper yang menunjukkan mikroba tanah dapat menggunakan obat antibiotik sebagai satu-satunya sumber makanan.

Ilmuwan di Max Planck Institute for Evolutionary Anthropology di Leipzig Jerman, Paabo merupakan pembaharu dalam penelitian DNA kuno. Tahun ini Paabo dan koleganya mengumumkan mereka hampir menyelesaikan pemetaan genome dari Neanderthal, dan mereka telah menyelesaikan draft kasar genome mammoth secara lengkap.

Saat ini Jurassic Park masih fiksi ilmiah, tapi mungkin saja akan berubah di masa mendatang. Dalam banyak kasus, laboratorium Paabo telah melakukan sesuatu yang luar biasa dalam teknik pemetaan genome yang berperan besar pada biomedicine dan forensic termasuk pula evolusi.

Ilmuwan berprestasi selanjutnya adalah Alan Stern yang merupakan mantan kepala NASA. Stern mengundurkan diri tahun ini karena menolak pemotongan biaya minimum program penelitian luar angkasa oleh pemerintah AS. Stern kini sedang memimpin misi New Horizons ke Pluto dan berharap ada temuan besar pada 2009.

Percayakah jika suatu saat nanti akan ada jubah yang tak kelihatan? John Pendry yang bekerja di Imperial College London sedang mengerjakan jubah itu. Memang masih perlu waktu agar bisa diwujudkan seperti dalam film Harry Potter. Pendry juga mendapat pujian karena berhasil membawa fisika yang rumit menjadi pembicaraan semua orang.

Ken Caldeira dari Stanford University, adalah ilmuwan besar dalam bidang geoengineering. Tahun ini dia mendapat tugas dari pemerinath Inggris untuk mencari cara memanfaatkan geoengineer sehingga manusia bisa selamat dari pemanasan global.

Jika ternyata gas emisi rumah kaca tak kunjung turun, tentu perlu rencana B dan orang terdepan untuk rencana seperti adalah Caldeira. Dia juga ditunjuk untuk mengorganisasi sesi geoengineering di pertemuan Copenhagen tahun depan, dimana pemimpin dunia bertemu untuk menandatangani penerus protokol Kyoto.

Selanjutnya, Lyn Evans adalah bos di Large Hadron Collider (LHC) di CERN, figur di balik kisah ilmiah terbesar tahun ini. Saat LHC dinyalakan pada September, mesin itu sekaligus untuk itu mencari tahu misteri keberadaan Tuhan atau apakah dimensi lain itu ada. Miliaran orang menonton saat saklar dinyalakan. Sejak saat itu fisika menjadi hal yang sangat menarik dan menjadi perhatian orang awam.

Manusia di luar ilmuwan yang diaggap pahlawan keilmuwan adalah Philip Munger. Guru musik dan blogger di sebuah SMA di Alaska ini dinilai berjasa pada September lalu. Berkat dia, semua orang jadi tahu bahwa Sarah Palin, tidak memiliki pemahaman soal dinosaurus dan manusia. Calon wakil presiden AS dari Partai Republik ini percaya dinosaurus dan manusia muncul 6.000 tahun lalu.

Selain itu Obama dan McTire juga dinilai berjasa di bidang keilmuwan. Obama memiliki kepedulian besar di bidang pengembangan ilmu sementara McTire berjasa dalam pengembangan obat tuberkolosis.

Sedangkan musuh di bidang keilmuwan terbesar adalah Bruce Ivins. Pakar pertahanan biologis AS ini disalahkan sebagai dalang serangan virus anthrax pada 2001. Dia tewas pada Juli lalu diperkirakan karena bunuh diri.

FBI masih merahasiakan apakah Ivins merupakan aktor dibalik serangan itu yang menewaskan lima orang. Jika itu benar, tak pelak Bruce Ivins merupakan ilmuwan paling jahat tahun ini bahkan untuk satu dekade.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar