Jumat, 19 Desember 2008

Mobil Tercepat Dengan Kecepatan 1600km/jam !

Andy Green Sang Ilmuwan
Andy Green Sang Ilmuwan

Setelah 18 bulan merahasiakan proyek besarnya, tim ilmuwan Inggris akhirnya memamerkan hasil kerja keras bersama itu .

Mereka menunjukkan skema mobil supercepat berwarna oranye yang, konon, bisa melesat lebih cepat daripada peluru.

Kendaraan hebat berjuluk Bloodhound SSC itu dirancang untuk bisa melaju hingga kecepatan 1.600 km per jam.

Nama mobil canggih itu sengaja diambil dari nama rudal supersonik milik Inggris yang digunakan semasa perang dingin lalu.

Para ilmuwan yang terlibat dalam penggarapan proyek rahasia itu diyakini tidak hanya akan memecahkan rekor kendaraan tercepat saat ini.

Tapi, lebih dari itu, menghancurkan rekor yang dicetak pilot Royal Air Force (AU) Andy Green. Ketika itu, Green melaju dengan Thrust SSC pada kecepatan 1.228 km per jam.

Kemarin Menteri Ilmu Pengetahuan Inggris Lord Drayson diberi kehormatan sebagai orang pertama yang mengumumkan keberadaan Bloodhound SSC kepada khalayak.

''Setelah berhasil mengembangkan Bloodhound, tim ilmuwan Inggris yang terlibat dalam proyek itu akan memublikasikan seluruh informasi tentang mobil bertenaga jet itu," papar Drayson.

Proyek yang lahir atas gagasan Drayson itu dilaporkan menelan biaya hingga GBP 12 juta (sekitar Rp 192,5 miliar). ''Sesuai kalkulasi tim, kecepatan Bloodhound bisa mengungguli peluru yang melesat dari pistol Magnum 357, imbuh Drayson.

Rencananya, tim ilmuwan dan mekanik Bloodhound akan merealisasikan kendaraan supersonik itu dalam wujud nyata tahun depan. (jp/ais)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar