Senin, 29 Desember 2008

Rangkuman Peristiwa Penting Internasional 2008 ( Video ! )



Ada banyak peristiwa tak terlupakan di tahun 2008, yang penuh emosi, yang ikonik, dan yang datar namun mengesankan. Pada Agustus, konflik yang singkat namun meninggalkan luka mendalam terjadi diantara bekas pecahan Uni Soviet. Georgia melancarkan serangan terhadap Ossetia Selatan.
Moskow bereaksi dengan mengirimkan tentara dan tank-tank, dua minggu kemudian, keduanya menyatakan berhenti berperang.

Sebuah tragedi menimpa ibukota bisnis India, Mumbai pada akhir November. 10 pria bersenjata membunuh lebih dari 170 orang selama aksi teror tiga hari. India menuduh Pakistan ada di balik serangan ini.

Anggota Hamas menghancurkan dinding perbatasan Gaza dan Mesir. Puluhan ribu warga Palestina membanjiri negara pinggiran Afrika tersebut, meminta bantuan pangan dan sembako.

Emosi kita diaduk-aduk melihat momen yang menyentuh di bulan Juli lalu ini, Ingrid Betancourt kembali bertemu dengan Ibunya setelah ditahan selama enam tahun oleh Tentara Revolusi. 14 lainnya termasuk tiga orang Amerika juga dibebaskan.

Alam raya juga ingin masuk headline surat kabar tahun 2008. 16 badai terjadi di sekitar perairan Atlantik. Terjangan paling parah terjadi di negara kepulauan Haiti. Haiti diterjang empat badai, termasuk Gustav.

Gempa bumi berkekuatan 7,9 skala richter mengguncang Propinsi Sichuan, Cina, pada bulan Mei. 70 ribu orang tewas dalam peristiwa tersebut . Tiga bulan kemudian, Cina kembali menjadi sorotan dunia dengan menggelar Olimpiade 2008. Demonstran Pro-Tibet sempat menghalangi estafet obor olimpiade yang dibawa menembus lima benua tersebut, serta mengancam akan memboikot olimpiade.
Para pemimpin negara Jerman, Polandia dan Republik Ceko menolak untuk datang, nanun Cina tetap cemerlang pada tanggal 8 Agustus dengan upacara pembukaan yang luar biasa.Ada banyak aksi bersejarah terjadi. Perenang AS, Michael Phelps memecahkan rekor dengan memenangkan 8 medali emas, dan Sprinter Jamaika Usain Bolt memecahkan tiga rekor dunia.

Tahun 2008 juga merupakan akhir dari beberapa hal. Presiden Bush melakukan kunjungan akhir ke Irak, dia akan dikenang sebagai orang yang menggelar perang yang tak popular. Hal itu diperjelas dengan aksi "halus" seorang Jurnalis Irak.

Tahun 2008 juga merupakan akhir dari kekuasaan Presiden Kuba Fidel Castro yang jatuh sakit pada bulan Februari. Tahtanya diserahkan pada sang adik, Raul Castro.

Ini juga merupakan akhir dari pemerintahan PM Israel Ehud Olmert. Dugaan korupsi memaksanya untuk tak mencalonkan diri kembali.

Program pengembangan nuklir Korea Utara juga berakhir, ledakan dahsyat di ruang fasilitas Yongbyon merupakan simbol yang sangat kuat bagi Negara Komunis tersebut, Negtara itu disebut sebagai anggota "Poros Kejahatan" oleh Presiden Bush.

Tahun 2008 merupakan akhir dari popularitas beruang Knut di rumahnya di Berlin. Rumor mengatakan bahwa ia harus meninggalkan kebun binatang kaqrena pertumbuhan badanya menjadi seberat 440 Pon. Knut sudah tak memiliki induk. Anak beruang itu mencuri hati warga Berlin dan dunia sejak dua tahun lalu.

kompas.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar