Jumat, 10 Oktober 2008

7 Selebriti Dunia Paling Dermawan di Dunia !

Menjadi orang terkenal dan penghasilan melimpah, bukan berarti para selebriti ini melupakan kewajibannya sebagai orang kaya. Mereka mengorbankan uang atau waktunya untuk berkontribusi dan mendukung upaya kemanusiaan. Bintang-bintang dermawan ini membuktikan kebesaran hati mereka sebesar pundi-pundi uang mereka.

Bill Gates


Inilah orang terkaya di dunia dengan kekayaan sekitar 50 miliar dollar Amerika Serikat (AS). Ia tak lupa menunjukkan komitmennya pada kewajiban sosial dengan mendirikan yayasan filantropi terbesar di dunia yang ia dirikan bersama istrinya, Bill & Melinda Gates. Dia memberi 29,1 miliar dollar AS untuk yayasan itu, yang antara lain untuk membantu menanggulangi AIDS di India, membangun sekolah dan menyumbang ke Badan Pangan Dunia (FAO).

Barbara Streisand


Tahun lalu saja, penyanyi dan aktris ini menyumbangkan 11 juta dollar AS ke yayasan miliknya, Streisand Foundation. Dana itu antara lain disalurkan untuk koalisi nasional kanker payudara, membantu mengatasi problem lingkungan (National Resources Defense Council), dan pendidikan.

Brad Pitt dan Angelina Jolie

Sepak terjang Jolie dalam dunia kemanusiaan sudah lama diketahui publik. Ibu empat anak ini menjadi duta khusus untuk berbagai misi kemanusiaan, misalnya Duta Khusus United Nations High Commisioner for Refugees (UNHCR). Namun ia dan pasangannya juga terkenal murah hati dan sering menyumbang. Mereka mendirikan Jolie-Pitt Foundation. Tahun 2007 lalu yayasan ini menyalurkan 8,4 juta dollar AS untuk membantu penuntasan AIDS, lembaga Doctor’s Without Border dan Make It Right untuk membantu korban topan Katrina.

Elton John


Penyanyi tenar asal Inggris ini memang memiliki gaya hidup jet set. Namun ia juga mengimbanginya dengan kegiatan sosial. Tengok saja lembaga miliknya, The Elton John AIDS Foundation yang ia dirikan sejak tahun 1992 dan telah mengumpulkan lebih dari 150 juta dollar AS untuk membantu para penderita HIV AIDS di seluruh dunia.

Lance Amstrong


Juara tujuh kali lomba balap sepeda Tour de France dan mantan kekasih Sheryl Crow ini mendirikan Livestrong Foundation yang khusus membantu para penderita kanker. Sejak didirikan pada tahun 1997, yayasan ini berhasil mengumpulkan dana lebih dari 250 juta dollar AS.

Oprah Winfrey

Ratu acara bincang-bincang televisi AS ini juga merupakan perempuan terkaya dalam bisnis hiburan AS. Setiap Natal Oprah selalu meluangkan waktu mengunjungi mereka yang kurang beruntung, kalau perlu juga membantu. Biasanya dia mengunjungi Afrika Selatan. Lewat yayasan yang ia bangun, Oprah’s Angel Network, tahun lalu ia menyumbang 52 juta dollar AS untuk kegiatan sosial yang terkait nasib perempuan, anak-anak, dan kaum minoritas. Perempuan kelahiran 19 Januari 1954 ini termasuk dalam filantropi teratas di AS.

Jerry Lewis


Komedian senior ini sejak tahun 1966 telah mendirikan yayasan the Muscular Dystrophy Association (MDA), untuk membantu para penderita penyakit muscular dystrophy (otot menyusut) dan penyakit lain yang disebabkan oleh gangguan saraf. Setiap tahun ia mengumpulkan dana untuk yayasan ini dan tahun ini ia sukses menghimpun dana hingga 86 dollar AS.

forbes

Tidak ada komentar:

Posting Komentar