Kamis, 11 Desember 2008

Zombie Berkeliaran di Berbagai Belahan Dunia !

Gila, unik dan segala macam tuduhan akan dialamatkan kepada komunitas ini, ternyata trend ini menyebar diberbagai kota didunia, seperti Toronto, Praha, London, Vancouver, San Fransisco dan sebagainya.

Zombie adalah sebutan untuk mayat hidup dalam sistem kepercayaan Voodoo orang Kreol dan Afrika-Karibia. Zombie adalah manusia dengan roh yang sudah dicuri lewat cara supranatural atau perdukunan, dan dipekerjakan (re-animasi) sebagai budak yang mengabdi kepada majikannya. Versi zombie yang lebih menakutkan dan suka memakan manusia sering diangkat menjadi cerita fiksi horor dan populer setelah pemunculan filem ‘Night of the Living Dead yang disutradarai oleh George A. Romero’s pada tahun 1968.

55699009_6166320e2b_o

(image source : flickr)

Zombie walk, suatu kecenderungan dari sekelompok masyarakat yang terorganisasi berkumpul dengan berpakaian sihir. Biasanya mengambil tempat di pusat perkotaan, dengan tertib para peserta berjalan-jalan disekitar kota menuju pusat perbelanjaan, ruang publik lain atau menuju pemakaman lokal. Promosinya semata dengan pesan secara lisan dan pesan online, bagaikan aktivitas bawah tanah. Peserta dengan tampilan dan berkomunikasi seperti perilaku mayat hidup termasuk dengkuran, erangan dan rintihannya.

Zombie walk telah menjadi hal yang relatif umum di kota-kota besar, terutama di Amerika Utara, sering menjadi tradisi tahunan, kadang-kadang muncul secara spontan seperti “flash mob“. Banyak yang beranggapan bahwa zombie walk sebagai seni surrealist, tetapi ada juga yang menganggapnya sebagai lelucon politik “to raise awareness of zombie rights”. dengan peserta yang membawa plakat.

Yang pertama sekali didokumentasikan tentang zombie walk adalah yang dilaksanakan di Toronto pada Okt 2003, yang diorganisir oleh penggemar filem horror Thea Munster, walaupun hanya diikuti oleh enam peserta. Pada tahun 2007 Toronto zombie walk ini bertambah menjadi lebih dari 1.100 peserta, demikian konfirmasi data dari Toronto Police Services.

Di tahun 2005 komunitas zombie walk bermunculan di Amerika Utara. Pada 30 Juli 2005 San Francisco dikunjungi oleh kira-kira 75 zombies yang menjadi wisatawan di sekitar Union Square dan BART train. Pada 27 Agustus 2005 di Vancouver didokumentasikan event zombie walk dengan 400 peserta, yang berjalan melalui Pacific Centre Mall, bepergian dengan Skytrain dan dilanjutkan ke Mountain view Cemetery.

Pada 15 Oktober 2005, Mayat hidup merayakan ulang tahun yang pertama di Minneapolis. Peristiwa ini diikuti 100-150 peserta zombie-costumed yang bergerakkan dari bar to bar di Northeast district, dan sejak itu telah dilanjutkan tiap-tiap tahun dilingkup kota.

Pada tanggal 30 Oktober 2008, di Grand Rapids, Michigan, menjadi event yang terbesar dari zombie walk, secara resmi terdaftar 3.370 zombies, ternyata ketika acara ini dilakukan dihadiri lebih dari 4.000 peserta. Para peserta dimintakan untuk menyumbangkan makanan dalam kaleng untuk disampaikan ke lokal food bank.

Even zombie walk berlangsung pada 31 Oktober 2008 di Old Pasar Square Nottingham, Inggris dengan 1.227 peserta. Acara ini diselenggarakan oleh GameCity, dan diisi dengan tarian sihir dengan lagu dari Michael Jackson ’s Thriller, Disturbia dan Ghostbusters.

Organisasi seperti Zombie Squad yang menjadi wadah zombie walk memberikan perhatian dan kepedulian pelayanan bagi masyarakat yang membutuhkan (bencana alam dan kelaparan) dan blood drives. Bahkan pada penyelenggaraan World Zombie Day telah dilakukan aksi kepedulian tentang kesadaran kelaparan global dalam agenda kegiatan mereka.



Sumber artikel

Tidak ada komentar:

Posting Komentar