Jumat, 25 April 2008

Lukisan Yang Ditemukan di Tumpukan Sampah Laku Rp 10 Miliar

"Tres Personajes"
"Tres Personajes"

"Sebuah lukisan yang ditemukan di atas tumpukan sampah di sebuah jalan New York terjual di balai lelang Sotheby`s, Selasa larut malam, dengan harga lebih dari sejuta dolar, hampir 20 tahun setelah karya seni itu dicuri dari sebuah gudang di Texas."

Bertajuk "Tres Personajes" atau "Tiga Orang", lukisan tahun 1970 karya Rufino Tamayo itu, salah satu seniman terkenal Meksiko, dibeli seorang peminat lewat telpon dengan harga 1.049.000 dolar atau sekitar Rp10 miliar.

Adikarya seni tersebut diselamatkan dari tumpukan sampah oleh Elizabeth Gibson, yang memergoki karya itu saat jalan-jalan pagi pada tahun 2003.

"Hari itu Sabtu pagi. Saya keluar untuk minum kopi pada pukul 07:00. Saya melihatnya di trotoar diantara tumpukan tas plastik hitam," katanya kepada AFP menjelang lelang.

"Saya terus berjalan dan minum kopi, namun suara hati saya terus mendorong saya untuk kembali dan mengambil lukisan itu. Lalu saya berhenti membaca buku dan kembali untuk mengambil lukisan itu, yang bingkainya rusak berat namun kondisi lukisan masih baik sekali."

Lukisan tersebut, dengan sapuan warna merah, ungu dan kuning, dibeli oleh pasangan dari Texas pada 1977 yang menyimpannya di gudang saat mereka pindah rumah. Mereka baru mengetahui kalau lukisan itu raib saat hendak mengambil berbagai barang miliknya di gudang itu pada 1987.

Kemana saja lukisan itu selama 16 tahun masih misterius, namun beberapa bulan setelah menemukannya, Gibson menggantungnya di dinding apartemennya.

Diberitahu seorang temannya kalau lukisan itu bernilai mahal, Gibson mulai menyelidiki dan mengetahui di Internet bahwa lukisan itu pernah ditayangkan dalam acara televisi "The Antiques Roadshow" dalam segmen mengenai lukisan-lukisan yang hilang.

Gibson mendekati Sotheby`s, yang membantu mengembalikan lukisan itu kepada pemiliknya, yang tetap tak diketahui jatidirinya.

Para detektif FBI Federal masih menyelidiki kasus ini.

Gibson telah memperoleh penghargaan berupa uang sebesar 15.000 atas upayanya mengembalikan lukisan itu dan akan menerima sejumlah uang dari hasil penjualan lukisan tersebut. [ant/jul].

Tidak ada komentar:

Posting Komentar