Kamis, 24 April 2008

Tumor Terbesar Dalam Sejarah Akan Diangkat

Lai Thi Dao
Lai Thi Dao

Tampaknya penderitaan gadis berusia 15 tahun asal Vietnam akan segera berakhir.

Lai Thi Dao akan menjalani operasi pengangkatan tumor yang memenuhi wajahnya, di Miami, Selasa depan [29/4].

"Tumor raksasa yang memberati wajah Dao dianggap terbesar dalam sejarah berdasarkan jenisnya karena mencapai bobot 16 pon."

Seperti dikutip dari Miami Herald, dokter mengatakan, saat kecil tumor ini masih seperti kutil yang berada di lidah. Namun kemudian membengkak menutupi bagian dahi dan kepalanya.

International Kids Fund yang terlibat dalam menggalang dana untuk operasi yang bakal berlangsung 10 jam ini memperoleh sekitar 107.000 dolar Amerika, mengatakan bahwa Lai Thi Dao memiliki salah satu tumor Schannoma terbesar.

"Menurut para dokter di Universitas Miami, yang akan mengoperasi Dao, tumor membuatnya terancam buta sekaligus menutupi saluran pernafasan."

Kasus Dao mendapat perhatian setelah profesor Geoff Le mendapat kabar dari saudaranya yang tinggal di Vietnam. Seorang misionaris yang bekerja di desa Dao mendengar tentang gadis kecil itu dan mengambil beberapa gambar serta mengirimnya pada saudara Le sebelum diteruskan pada profesor Geoff Le.

"Keprihatinan terbesar kami adalah soal banyaknya pembuluh darah yang berada di tumor ini," jelas Dr. Robert Marx, guru bedah ilmu bedah dan Kepala Divisi Bedah Oral dan Maxillofacial di Universitas Miami/Jackson Memorial Medical Center kepada ABC News.

"Tanpa bedah, Lai bakal menghadapi hidup yang mungkin hanya sebentar karena tumor ini bertumbuh begitu cepat dan akhirnya bakal menutupi saluran napasnya," jelas Dr. Jesu Gomez, ahli bedah oral dan maxillofocal di rumah sakit itu.

Lai, yang tinggal di pinggiran Vietnam sudah 10 tahun tidak mendapat perawatan. Dia tidak pernah pergi ke sekolah dan tidak punya teman seusianya, ungkap yayasan sosial itu.[ABC/AFP/jul].

Tidak ada komentar:

Posting Komentar