Jumat, 25 April 2008

Robot Pemadam Kebakaran


Kebakaran seringkali terjadi tiba-tiba. Karena itu, tak jarang memakan korban jiwa dan benda yang tak sedikit. Apalagi, biasanya saat menunggu tim pemadam kebakaran, butuh waktu cukup lama. Maka, tak heran jika kemudian dicari berbagai alternatif cara untuk mengatasi persoalan ini. Salah satunya, yaitu dengan menciptakan robot pemadam kebakaran.

Sebuah perusahaan bernama Chula Vista di California bekerja sama dengan InventHelp membuat robot pemadam kebakaran yang diberi nama Fire Robot. Teknologi yang ditanamkan pada robot ini diharapkan dapat mengurangi jumlah korban jiwa dan harta akibat kebakaran.

Fire Robot yang dilengkapi dengan pompa air berkapasitas 3000 gallon air per menit ini akan menyemprotkan air dan zat kimia untuk memadamkan api. Selain itu, robot ini juga memiliki enam saluran untuk memancarkan air, pompa penekan yang berisi zat kimia pereda api, empat saluran pemancar untuk menyalurkan zat kimia, tiga pompa air penekan, dan memiliki serangkaian kamera video serta lampu khusus.

Robot berbentuk mirip tank militer ini dikendalikan dengan remote kontrol berbasis satelit. Dengan remote kontrol ini kita dapat menggerakan robot, kamera, mengoperasikan pompa, arah, dan tekanan air. Kita juga dapat melihat output kamera dari empat monitor. Sistem penggerakan robot ini digerakkan oleh motor diesel, 12 silinder dan sebuah pemancar.

Untuk mendukung kerja robot, sebuah kendaraan pemompa air akan disertakan dengan penghubung selang karet. Kendaraan tersebut terdiri dari sebuah silinder 12 dan kamera serta berisi 25 ribu galon air.

Inovasi ini tentunya diharapkan bisa mengurangi dampak buruk kebakaran. Namun, cara paling efektif tetaplah dengan membangun kesadaran untuk meminimalisasi kemungkinan terjadinya kebakaran. Jadi, sudahkah Anda mematikan bahan atau benda yang kemungkinan bisa memicu terjadinya kebakaran hari ini? Oleh : Team Andriewongso.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar