Jumat, 04 Juli 2008

Warga Paling Bahagia di Dunia

Warga Paling Bahagia di Dunia

-Survei

Penduduk Denmark adalah penduduk paling bahagia di dunia menurut Survei Nilai-nilai Dunia yang diterbitkan oleh Yayasan Ilmu Pengetahuan Nasional Amerika Serikat.

BBC
STUDI tahunan itu menyurvei penduduk di 97 negara untuk mencari penduduk negara yang paling bahagia. Survei itu menanyakan dua pertanyaan sederhana tentang kebahagiaan dan tingkat kepuasan hidup.

Puerto Rico dan Kolombia menduduki tempat kedua dan ketiga dalam daftar negara-negara paling bahagia itu. Zimbabwe berada di urutan terakhir, dengan Rusia dan Irak juga menduduki urutan 10 terbawah. Negara terkaya di dunia, Amerika Serikat, berada di tempat ke-16 dalam daftar negara paling bahagia, di belakang Swis, Kanada dan Swedia.

Studi itu juga menemukan bahwa negara-negara yang berada di posisi-posisi terbawah menghadapi kemiskinan yang meluas atau memiliki pemerintah otoriter. Namun menurut survei itu, secara keseluruhan dunia lebih bahagia.

Kebebasan Politik
Profesor Ronald Inglehart dari Universitas Michigan Studi yang memimpin studi atas sruvei tersebut mengatakan berbeda dengan penelitian lain yang mengukur berdasarkan faktor ekonomi, riset yang mereka lakukan menemukan kemakmuran bukan satu-satunya penyebab kebahagiaan. "Penelitian kami mengindikasikan kemakmuran terkait dengan kebahagiaan, tetapi bukan faktor terpenting," kata Inglehart.

Hal yang lebih penting menurut Ingleharta adalah kebebasan pribadi dan kebebasan dalam semua hal. “Kebebasan politik, seperti demokrasi dan kebebasan memilih," kata Inglehart.

Inglehart mengatakan kesetaraan antara laki-laki dan perempuan juga merupakan indikasi kebahagiaan, sama halnya dengan toleransi sosial yang meningkat. Dia mengatakan kedua faktor itu naik secara dramatis dalam beberapa tahun belakangan.

Keterangan Gambar: Keluarga Kerajaan Denmark-netpublikationer.dk

Sumber : Jakarta Press

Tidak ada komentar:

Posting Komentar