Selasa, 15 April 2008

2000 Orang Telanjang Pada Waktu yang Sama

Bagi masyarakat yang tinggal di negeri kincir angin, atau wisatawan yang datang ke Belanda, masih bisa menyaksikan hasil jepretan seniman Spencer Tunick. Seniman asal New York yang kini berusia 40 tahun itu, berhasil dengan gemilang menghipun atraksi pemotretan massal yang dilakukan di Amsterdam.

Seniman yang mengantongi diploma Bachelor of Arts dari Emerson College London pada tahun 1988 tersebut, sebelumnya juga sudah mengunjungi kota Berda ( Belanda ) dan melakukan pemotretan massal. Atas undangan pihak Dream Amsterdam Foundation, Spencer Tunick dimusim panas ini melaksanakan pemotretan massal yang kedua.

Sebelumnya dia juga sudah melaksanakan pemotretan serupa, diantaranya di Melbourne, Sao Paulo, Barcelona, Paris, Brugge, Londen dll. Untuk proyek kedua di Belanda ini, Spencer mengadakan pemotretan pertama pada tanggal 15 April 2007 di taman bunga Tulip. Sedangkan acara hajatan massal yang sebelumnya dirahasiakan ke publik tersebut, jatuh pada tanggal 03 Juni dikota Amsterdam.

Acara pemotretan yang dilksanakan pukul 04.00 pagi buta tersebut, tak terelakkan mengundang perhatian warga setempat. Tak heran ditemukan beberapa warga setempat, yang ikut membidikkan kameranya ke badan - badan yang tidak mengenakan busana tersebut.

Acara pemotretan massal yang diikuti sebanyak 2000 orang tersebut, terdiri dari kaum pria dan wanita. Spencer tidak memberikan instruksi yang berbelit, hanya menyarankan agar setiap peserta tidak tertawa. Sebanyak 2000 orang yang telanjang bulat dihembus udara dingin negeri kincir angin tersebut, berjalan berarakan memenuhi dua gedung.

top_440990.jpg

ams10206031016.jpg

Setelah aksi pemotretan didua gedung tersebut usai, Spencer Tunick melanjutkan sessie pemotretan ditempat lain. Sebanyak 60 orang dilibatkan sebagai model telanjang yang sedang naik sepeda melewati jembatan kecil yang berada dikanal ( menyerupai kali ) kota Amsterdam tersebut. Manusia - manusia telanjang ini dipotret dengan keadaan kepala menengadah ke langit.

amsterdam_wideweb__470x2510.jpg

Kini masyarakat masih bisa menikmati pameran unik, yang sudah dibuka sejak tanggal 23 Juni tersebut hingga tanggal 31 augustus. Spencer Tunick bersama pihak Dream Amsterdam Foundation merasa puas dengan proyek seni ini. Source

Tidak ada komentar:

Posting Komentar