Selasa, 08 April 2008

Agar Baterai Ponsel Tahan Lama

APAKAH Anda pernah mengalami tidak bias melakukan panggilan telepon karena kehabisan baterai? Rasanya seperti tersesat di belantara tak bertuan – tidak tahu harus melakukan apa. Pernyataan tersebut tidaklah dilebih-lebihkan. Meski fungsi utamanya memang melakukan dan menerima panggilan telepon, ada banyak fungsi lain yang diemban ponsel. Sekurang-kurangnya, ponsel digunakan untuk menyimpan daftar kontak.

Bagi pengguna telepon cerdas(smartphone), fungsinya lebih beragam lagi. Selain daftar kontak, ponsel juga dimanfaatkan untuk menyimpan berbagai data penting, berkas pekerjaan, bacaan, hingga klip musik dan video. Bayangkan, betapa repot dan sepinya bila ponsel tidak berfungsi.

Tak heran jika daya tahan baterai menjadi salah satu faktor yang penting untuk dipertimbangkan saat memilih ponsel. Daya tahan antara lain dapat dilihat dari kapasitas baterai—diukur dengan mAh. Semakin besar kapasitas maka semakin tahan lama baterai tersebut.

Selain itu, ada beberapa tips yang dapat dimanfaatkan untuk memperpanjang “nafas” baterai ponsel. Mematikan ponsel saat tidak digunakan adalah cara yang paling mudah dan efektif. Tentu saja tips ini tidak berlaku jika Anda harus stand by, menanti panggilan sewaktu-waktu. Namun, Anda dapat memanfaatkan tips ini jika sedang berada di tempat yang kualitas sinyalnya jelek—dimana ponsel harus bekerja keras mencari sinyal sehingga lebih boros baterai. Matikan saja ponsel untuk sementara waktu, karena kalaupun Anda menerima panggilan telepon biasanya terputus-putus.

Menggunakan nada dering alih-alih nada getar adalah hal lain yang bisa dilakukan. Nada getar mengonsumsi lebih banyak daya ketimbang nada dering. Jika Anda tidak ingin orang lain terganggu, Anda dapat mengatur volume suara nada dering pada tingkat terendah yang masih dapat terdengar.

Matikan juga fungsi-fungsi lain yang tidak Anda butuhkan, seperti inframerah, Bluetooth, dan wifi. Semua fungsi tersebut memakan daya baterai jika diaktifkan. Anda juga dapat menghemat daya baterai dengan mematikan backlight. Tentu saja hal ini hanya dapat dilakukan pada siang hari atau di tempat yang memiliki penerangan cukup, karena jika tidak, Ana tidak dapat melihaat tampilan layer.

Hal terakhir yang dapat Anda lakukan adalah melakukan percakapan telepon seefisien mungkin. Ponsel tidak dirancang untuk bercakap-cakap dalam waktu lama karena hal itu dengan cepat menguras daya baterai. (Sumber : Kompas)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar