Rabu, 23 April 2008

Kunci Meraih Pekerjaan Impian

Bagi anda yang masih mencari pekerjaan sebaiknya anda perhatikan beberapa hal penting agar anda bisa mendapatkan karir yang anda idam-idamkan. Banyak human resources di perusahaan tidak ingin repot lagi untuk melatih para karyawan dan menyisihkan calon pegawai yang tidak memiliki pengalaman sama sekali. Hal ini dikarena untuk efisiensi kerja.

Calon karyawan yang serba bisa tentu menjadi pertimbangan utama daripada mereka yang hanya memiliki kemampuan dalam satu bidang saja. Ada beberapa hal yang dibutuhkan oleh perusahaan, jadi tidak ada salahnya jika anda siasati dengan beberapa langkah dibawah ini.

Yang pertama adalah anda harus mengetahui diri anda sendiri. Ketahuilah bakat dan minat anda sendiri. Jika anda tidak mengetahui hal itu maka perusahaan juga akan mempertimbangkan anda sebagai karyawan mereka.

Harus mengetahui apa yang ingin anda lakukan. Perusahaan lebih suka memilih orang dengan kemampuan dan keahlian tertentu meski untuk kepandaian lain anda sedikit menguasainya. Memiliki keahlian khusus akan memudahkan perusahaan untuk menempatkan anda di bidang yang tepat.

Teknologi dan ilmu pengetahuan berkembang amat pesat. Jadi jangan segan membuka internet untuk mendapatkan informasi terbaru dan akurat. Tetapi jangan menelan mentah-mentah apa yang tersaji di internet karena anda tetap harus kritis.

Perusahaan mencari karyawan yang 'cocok' dengan budaya kerjanya. Pastikan tingkah laku anda sudah memenuhi kaidah kesopanan. Meski memiliki keahlian tinggi tapi attitude anda kurang mengena, biasanya hanya akan menjadi bumerang untuk mendapatkan pekerjaan impian.

Ciptakan sesuatu yang sesuai dengan apa yang sudah anda tulis dalam CV. Kepribadian dan tindak tanduk tidak dapat diungkapkan dalam CV tapi dilakukan lewat wawancara. Perusahaan akan menilai Anda dari hasil wawancara, apakah anda cukup memiliki motivasi untuk melakukan pekerjaan itu?

Jangan tanyakan "hal tabu". Jika anda dinyatakan gagal, sudah pasti anda akan merasa kecewa. Tapi sebaiknya anda jangan tanyakan hal tersebut tapi anda pertanyakan apa yang bisa anda lakukan agar menjadi lebih baik. Dengan begitu, kemungkinan anda akan mendapatkan kesempatan untuk kedua kalinya. Semoga anda berhasil. twp

Tidak ada komentar:

Posting Komentar