Kamis, 10 April 2008

Suntikan 3 Juta Dolas AS untuk Wikipedia

ORGANISASI nonprofit yang menaungi situs ensiklopedia online Wikipedia mendapat suntikan dana senilai 3 juta dollar AS dari Alfred P Sloan Foundation. Sumbangan ini merupakan nilai terbesar yang pernah diterima.

"Kami yakin ini akan menarik sumbangan lebih banyak karena hal tersebut merupakan tanda bahwa yayasan besar menilai baik pada usaha kami," ujar Jimmy Wales, pendiri Wikimedia Foundation.

Sumbangan tersebut akan diberikan dalam tiga gelombang selama tiga tahun. Dengan sumbangan tersebut, Wikimedia Foundation memiliki dana cukup untuk menambah staf dan meningkatkan kualitas layanannya.

Yayasan yang berkantor pusat di San Fransisco akan menggunakan dana tersebut untuk menambah kemampuan software agar para editor dapat menilai kualitas artikel lebih baik. Sebagain dana juga akan digunakan untuk menggarap konten pendidikan untuk masyarakat yang belum terjangkau komputer.

Total dana operasional yang dibutuhkan untuk mengelola Wikipedia mencapai 4,6 juta dollar AS. Lebih dari setengahnya digunakan untuk server dan bandwidth Internet. Untuk membiayainya, tahun lalu, Wikimedia mendapat sokongan dana dari sejumlah donatur individu di seluruh dunia sebesar 2,2 juta dollar AS. Meski naik dari sumbangan tahun sebelumnya, yang hanya 1,3 juta dollar AS, sumbangan individu belum dapat mencukupi sehingga Wales masih mencari skema pembiayaan yang bisa memastikan layanan ini berkelanjutan.

Kabar miring sempat berkembang bahwa Wikimedia tengah mengusahakan lembaga baru yang akan mengomersialkan brand Wikipedia. Rumor tersebut muncul dari sumbangan senilai satu juta dollar AS dari sumber tanpa nama yang dikait-kaitkan dengan Roger McNamee, salah satu investor terkemuka di AS. Masuknya Sloan mungkin menjadi penawar.

Banjarmasin Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar