Rabu, 19 Maret 2008

10 Bloger Perempuan Paling Berpengaruh Di Indonesia

Tanggal 8 Maret lalu diperingati sebagai Hari Perempuan Internasional. Saya melihat, kalau di Indonesia, hari perempuan ini kurang mendapat sambutan yang berarti. Berbeda dengan Hari Ibu yang jatuh tanggal 22 Desember atau Hari Kartini setiap tanggal 21 April. Saya sendiri tidak tahu mengapa.

Saya sendiri lebih suka menggunakan kata “perempuan” dibandingkan “wanita“.

Yang saya tahu, secara etimologis, kata “perempuan” berasal dari kata “empu” yang berarti “tuan“, “yang berkuasa“, “kepala“, dan lain sebagainya. Kata “perempuan” juga berhubungan erat dengan kata “empuan” yang dipendekkan menjadi “puan” yang berarti “yang terhormat“, sebagai pasangan dari kata “tuan” yang diperuntukkan buat laki-laki.

Makanya saya berusaha untuk menggunakan kata “perempuan” dibandingkan kata “wanita” dalam berbagai tulisan. Meskipun seringkali “terpeleset”. Tidak ada maksud apa-apa, tetapi jika laki-laki pantas dipanggil “tuan” sebagai bentuk penghormatan, maka kaum hawa pantas juga dipanggil “puan” (dari kata perempuan) sebagai bentuk penghormatan. Bukankah laki-laki dan perempuan memiliki kehormatan yang sama ?

Dan beberapa hari yang lalu, Metro TV menayangkan suatu acara yang berjudul Metro 10 dengan subjudul 10 Perempuan Indonesia Paling Berpengaruh. Kesepuluh perempuan itu adalah Megawati Soekarnoputri, Meutia Farida Hatta, Siti Hartinah Soeharto (Ibu Tien), Christine Hakim, Titiek Puspa, Sri Mulyani Indrawati, Siti Fadilah Supari, Siti Hardiyanti Rukmana, Miranda Goeltom, dan Mooryati Soedibyo.

Urutannya saya tidak terlalu mengerti. Saya hanya tahu di Nomor 1 adalah Megawati dan di Nomor 10 adalah Mooryati Soedibyo.

Apa pertimbangan yang digunakan oleh MetroTV dalam menyusun kesepuluh perempuan itu juga tidak saya mengerti. Tokoh-tokoh itu adalah tokoh perempuan yang dalam beberapa tahun belakangan ini memberikan pengaruh besar di negara ini sesuai dengan bidangnya masing-masing.

Dari kesepuluh tokoh itu, 7 diantaranya adalah perempuan-perempuan yang bersinggungan dengan kekuasaan atau politik. Apakah ini berarti perempuan Indonesia sudah bisa berkiprah di dunia publik khususnya politik ? Kalau melihat keterwakilan perempuan di DPR, saya melihatnya masih jauh dari harapan. Apalagi kalau dilihat banyaknya Kepala Daerah yang berjenis kelamin perempuan. Masih jauh dari harapan.

Apakah ini berarti perempuan tidak mempunyai kemampuan di ruang publik khususnya politik ? Ataukah memang “kodrat” perempuan itu bukan di ruang publik ? Ataukah sistem kita [yang bersifat patriarkal] yang membuatnya demikian ?

Saya sekali lagi tidak tahu. Anda bisa menjawabnya sendiri.

Nah, dari pemikiran itu, saya iseng-iseng untuk melihat kiprah perempuan di ruang publik lainnya, yaitu internet dan lebih khusus lagi di dunia blog. Banyak perempuan yang sudah terjun di dunia blog dan memberikan pengaruh langsung maupun tidak langsung. Baik dengan tulisan-tulisannya maupun dengan “keselebritisannya” (anda tau maksudnya kan ?)

Dan saya sendiri akhirnya menyusun, dengan versi sendiri, daftar 10 Bloger Perempuan Paling Berpengaruh di Indonesia. Berpengaruh dalam hal apa dan kepada siapa, itu adalah hak prerogratif saya sendiri sebagai juri tunggal. Tapi dari beberapa nama bloger itu, banyak yang sudah dikenal dan sangat terkenal.

Anda mau tahu ?

Hehehehe…. itu masih rahasia. Tapi saya menganjurkan anda untuk menyusun sendiri siapa menurut anda 10 Bloger Perempuan yang Paling Berpengaruh menurut versi anda sendiri. Tidak ada salahnya kan ? Atau ada yang mau menjadi juri resmi dan menyusun POLLING untuk menentukan siapa bloger perempuan yang menjadi nominasi. Itu terserah anda, karena ini cuma usul iseng saja. Usul iseng bisa tetap jadi iseng atau bisa dijadikan serius.

Tapi dari sekian banyak bloger perempuan dalam versi saya, ada 2 nama yang patut dibocorkan disini. Tentunya ini dengan pertimbangan sendiri.

Yang pertama mungkin banyak yang lebih setuju. Tapi yang kedua ? Mungkin karena “kebangetannya” sehingga saya memasukkan namanya. Dan mungkin banyak juga yang protes, tapi protes harap dialamatkan pada si pemilik blog.

Okeh, cuma sampai disitu saja. Kalau ada 10 atau 100 Perempuan yang dikategorikan berpengaruh di negeri ini, maka kita juga punya 10 atau 100 bloger perempuan yang berpengaruh di blogsphere. Entah apapun ukurannya.

Bagaimana dengan versi anda ?

Sumber : http://fertobhades.wordpress.com/2008/03/11/10-bloger-perempuan-paling-berpengaruh/

Baca juga :

Perdebatan Seru Para Blogger Indonesia Mengenai Perbedaan Blogger dan Wordpress

10 Top Blogger Indonesia


Tidak ada komentar:

Posting Komentar