Sabtu, 15 Maret 2008

Bill Gates, Dari Programmer ke Bilioner

Inilah orang paling kaya sejagad…

Bayangkan saja, hartanya sudah mencapai bilangan 50 milyar US dollar. Sehingga wajar saja kalau sudah hampir sepuluhtahun berturut-turut dia dinobatkan sebagai manusia terkaya di dunia.

Pencapaian paling sensasional Bill jelas melalui proyek Microsoft Windows-nya. Sebuah software operating system yang digunakan oleh milyaran computer di seluruh jagad. Bill yang berotak encer ini memang seorang kutu buku, dari kecil hobinya adalah membaca buku-buku ensiklopedia. Ketika dia berkenalan dengan komuputer, Gates langsung jatuh cinta berat dan tidak bisa terpisahkan dengan benda ini.

Kecintaanya dengan si mesin pintar membuatnya belajar programmer dan jadi programmer ulung. Dari otaknyalah muncul ribuan ide-ide brilian yang mengubah sejarah perkomputeran dunia. Bermula dari seorang programmer, Bill menjelma menjadi kaisar dalam dunia bisnis dan hanya dalam masa beberapa tahun saja, ia dan perusahaannya telah mampu mendominasi industri komputer dunia.

Walaupun sekarang Bill banyak punya musuh di industri komputer karena kerajaan Microsoftnya yang memonopoli pasar software, ia juga seorang dermawan sejati loh, bayangkan saja, sampai dengan saat ini Bill sudah menyumbang 45 juta US dollar untuk penelitian obat malaria, leukemia dan penyakit maut lainnya. Ditambah lagi sumbangannya buat dunia pendidikan dengan bantuan perangkat komputer ke kampus dan sekolah-sekolah termasuk Indonesia.

Dengan semakin bertumbuhnya industri IT, puluhan bahkan mungkin ratusan calon Bill Gates baru telah dan akan terus bermunculan terutama dari bisnis internet. Sebut saja Google, Yahoo dan lain sebagainya yang sebagian besar masih berusia muda.

Perkembangan terbaru menyatakan bahwa Bill telah meninggalkan posisinya di Microsoft dan dia akan fokus mengurus yayasan amalnya. Mungkin ini dalam rangka persiapan Bill masuk surga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar