Sabtu, 22 Maret 2008

Borobudur Bukan Merupakan Salah Satu Keajaiban Dunia ?

Sebagian besar literatur di Indonesia menyebut Candi Borobudur adalah bagian dari tujuh keajaiban dunia. Namun, mengapa New Open World Corporation (NOWC) justru tidak memasukkan Borobudur dalam daftarnya?

Kalau mau dirunut lagi, sebenarnya Borobudur tidak pernah menjadi bagian dari tujuh keajaiban dunia versi Antipater Sidon yang paling populer. Sidon membagi daftar tersebut menjadi Piramida Giza, Taman Gantung Babilonia, Patung Zeus di Olimpia, Kuil Artemis di Turki, Mausoleum, Colossus, dan Mercusuar Iskandariah.

Yang benar, Borobudur adalah bagian dari World Heritage List yang dikeluarkan oleh United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO), badan PBB yang salah satu tujuannya adalah mempromosikan dan mengamankan keragaman dan warisan budaya dunia. Direktur Utama Taman Wisata Borobudur Wagiman Subiarso berpendapat, hingga saat ini Candi Borobudur masih berada pada daftar yang dikeluarkan oleh UNESCO itu.

”Polling yang dirilis NOWC itu sebenarnya sangat subjektif, tidak menggambarkan keadaan yang sebenarnya. Karena, hasilnya hanya dinilai dan bergantung dari siapa yang menggelar polling,” ujar Wagiman. ”Dalam hal ini, daftar pihak berwenang (UNESCO)-lah yang seharusnya dirujuk,” ujar Wagiman.

Hingga kini, Candi Borobudur masih berdiri tegak dan menjadi salah satu kebanggaan Indonesia. Candi yang dibangun abad kedelapan masa Dinasti Syailendra ini menjadi inspirasi pengunjung, baik dari dalam maupun luar negeri. Umat Buddha juga tetap menggunakannya untuk perayaan keagamaan, seperti peringatan Waisak.

”Dalam satu hari, rata-rata pengunjung Borobudur dari luar negeri sebanyak 300–350 orang. Bahkan, di musim liburan seperti sekarang bisa meningkat hingga 28 ribu orang,” tambah Wagiman. (hendrati h/sindo/mbs)

Koran Sindo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar