Minggu, 20 April 2008

Perahu Berusia 300 tahun Ditemukan

Foto: ilustrasi
Foto: ilustrasi

Sebuah perahu tua yang diperkirakan berusia 300 tahun ditemukan warga Desa Bogak, Kecamatan Tanjung Tiram, Kabupaten Batubara, Sumatra Utara. Temuan itu menghebohkan warga, sehingga mereka berduyun-duyun menyaksikan perahu tersebut.

"Perahu dengan panjang 15 meter dan lebar dua meter ditemukan warga dari timbunan pasir sedalam lima meter. Perahu tiang layar dengan konstruksi tanpa paku dan lem ini ditemukan dalam kondisi rusak."

Menurut warga yang pertama kali menemukan perahu, Idham, perkiraan usia perahu 300 tahun diketahui dari barang-barang yang ditemukan dalam perahu. Di antaranya koin berlubang bertuliskan huruf China buatan tahun 1794.

Selain koin juga terdapat tembaga berbentuk dua kepala ular, tempat minum dari keramik, alat penumbuk dari kayu serta cincin bermata. Penemu perahu tua, Idham, mengaku, menemukan perahu tersebut lewat mimpi. Ia lalu mengikuti petunjuk dalam mimpinya dan menggali pasir di pinggir pantai dekat rumahnya. Saat ini temuan warga tersebut sedang diteliti. [prm/jul].

Tidak ada komentar:

Posting Komentar