Sabtu, 23 Agustus 2008

Bayi Malang Berkaki Empat Lahir Di Depok





Seorang bayi laki-laki berkaki empat lahir di Rumah Sakit Sentra Medika, Jalan Raya Bogor, Kelurahan Cisalak, Kecamatan Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat (Jabar).

Menurut dokter kandungan yang menangani persalinan, Indra Sugiarno di Depok, bayi tersebut lahir dengan cara caesar.

Ia mengatakan, selain berkaki empat, bayi dengan berat 2,8 kilogram dan panjang 48 sentimeter itu juga mengalami kelainan, antara lain gangguan jantung dan tidak berfungsinya anus.

Berdasarkan hasil pemeriksaan rontgen, kata dia, kaki tambahan tersebut terletak di bagian bokong. Untuk kaki tambahan sebelah kanan agak menyerong ke depan. Sedangkan kaki sebelah kiri letaknya sejajar dengan kaki kiri depan. "Dalam istilah medis kejadian ini biasa disebut ’parasite conjoined twin’ (kembar yang tidak lengkap)," katanya.

Sementara itu, dokter umum yang juga menangani bayi tersebut Nuryadi Dewanto mengatakan, meskipun lahir dengan sejumlah kelainan bayi tersebut dalam kondisi sehat.

Ia mengatakan, untuk mendapatkan pertolongan lebih lanjut bayi tersebut dibawa ke Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta. Bayi yang belum semapat diberi nama itu dibawa dengan ambulans Rumah Sakit Sentra Medika pukul 10.25 WIB.

Bayi tersebut lahir dari pasangan Suaduon (26) dan Setianingsih (20), warga Gang Belong Kampung Babakan Kelurahan Sukatani, Cimanggis, Kota Depok, Jawa Barat.

Kedua orang tua bayi tersebut enggan berkomentar mengenai kondisi anak pertamanya tersebut. Ayah bayi tersebut sehari-hari berprofesi sebagai buruh di perusahaan swasta.

Humas Rumah Sakit Sentra Medika, Samuel mengatakan, untuk biaya persalinan bayi tersebut akan ditanggung melalui Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas), karena berasal dari keluarga yang tidak mampu.

Sumber: www.kompas.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar