Senin, 26 Mei 2008

Bertahan Hidup Bermodal Rp180 Ribu

Jika Anda hanya mempunyai uang sebesar 150 yuan atau 180 ribu Rupiah saja dan ditempatkan selama 15 hari di Beijing, apa yang akan Anda lakukan? Bagaimana cara Anda tetap bertahan di kota sebesar itu? Dan mampukah Anda menuai kesuksesan hanya dengan modal 180 ribu Rupiah?

Sebanyak 15 mahasiswa yang berasal dari kota Shanghai melakukan sebuah percobaan yang akan menguji ketahanan fisik dan mental mereka dalam masa-masa sulit. Aktivitas ini dipelopori oleh Universitas Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi China Timur.

Dalam acara ini, setiap partisipan diberi uang sebesar 150 Yuan (sebesar 180 ribu Rupiah), dan tak boleh menggunakan kartu kredit. Mereka boleh membawa ponsel atau alat komunikasi lainnya, namun mereka harus membayar sendiri untuk setiap pengeluaran mereka, termasuk tiket perjalanan pulang ke Shanghai ketika acara itu berakhir.

Mereka membagi para siswa itu menjadi beberapa kelompok. Mereka diperbolehkan mencari pertolongan dari sesama kelompok.

Pihak penyelenggara acara berhasil mendapatkan 19 orang siswa pilihan menyisihkan 400 orang kandidat dan hanya sekitar 12 orang yang berhasil menyelesaikan ketahanan uji coba dengan baik.

Para partisipan mengaku bahwa mereka mendapat banyak pelajaran berharga dari latihan semacam ini. Mereka belajar betapa sulitnya menghasilkan uang sendiri, selain itu mereka juga belajar bagaimana bersikap positif walaupun sedang menghadapi masa-masa sulit dan yang terpenting, mereka belajar bagaimana cara bekerjasama dengan orang-orang di sekeliling mereka.

astaga.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar