Selasa, 27 Mei 2008

Bill Gates Jatuh Ke Peringkat 3 Dunia


Angka 13 ternyata memang angka sial buat sebagian orang, setelah 13 tahun berturut-turut William Henry Gates III atau Bill Gates pemilik sekaligus pendiri Microsoft Corporation menjadi orang paling kaya sedunia. Dengan perkiraan kekayaan 58 Triliun Dollar Amerika dan penghasilan 2 Triliun Dollar tahun lalu Bill Gates harus menyerahkan tampuk kekuasaannya kepada rekan yang memiliki “hobi” sama soal kedermawanan, Warren Buffett. Dia melonjak tajam dengan perkiraan hingga 62 Triliun Dollar Amerika, dimana naik sekitar 10 Triliun Dollar untuk tahun lalu.

Bill Gates saat ini menempati urutan 3 yang masih dibawah Carlos Slim Helu seorang pengusaha terkenal dari Meksiko dengan bisnis telekomunikasinya TelMex. Carlos Slim sempat menduduki puncak no.1 untuk tahun 2007 yang meningkat tajam hanya dalam waktu 2 tahun terakhir dengan kekayaan sekitar 60 Triliun Dollar Amerika.

Banyak sekali perubahan yang terjadi dalam 2 tahun terakhir ini dan bukan hanya Bill Gates yang mengalami pergeseran namun juga terhadap nama-nama baru orang-orang kaya dunia. Dua tahun terakhir orang-orang Amerika mendominasi hingga separuh dari 20 orang terkaya di dunia, namun saat ini hanya tersisa 4 saja. India merupakan negara yang paling banyak menyumbang daftar orang kaya baru sebanyak 6 dan menduduki 10 besar.

Kekalahan BIll Gates banyak diprediksi orang dikarenakan dia terlalu banyak menghabiskan uangnya untuk kegiatan sosial dibandingkan dengan Carlos Slim, jika saja Bill Gates bukan seorang dermawan ada kemungkinan dia akan tetap no. 1. Namun tentunya kita juga harus hormati Bill Gates yang telah mendedikasikan tenaga, pikiran dan uangnya melalui Yayasan Gates Foundation miliknya dan Istri.

Apa yang dilakukan oleh Warren Buffett? bisnis utamanya adalah investasi keuangan melalui perusahaannya Berkshire Hathaway diberbagai perusahaan kelas dunia. Beberapa bisnis yang dilakukannya adalah di American Express, Johnson & Johnson, Moody’s, US Bancorp, Coca-Cola, Wells Fargo dan masih banyak lainnya.

Berikut ini ilustrasi berupa gambar mengenai perubahan kedudukan antara ketiganya mulai tahun 2005 hingga prediksinya tahun 2008.

Orang Kaya Baru

Yang paling mengebohkan adalah banyaknya orang-orang india yang menjadi orang kaya baru bahkan masuk kedalam urutan 10 besar, yaitu Lakshmi Mittal seorang penguasaha Baja, Mukesh Ambani, Anil Ambani dan KP Singh. Lakshmi Mittal adalah taipan baja berkebangsaan India namun tinggal di London Inggris yang diperkirakan memiliki kekayaan 45 Triliun Dollar Amerika. Mittal adalah pensuplai baja untuk digunakan membangun konstruksi di World Trade Center Memorial di New York.

Yang menarik adalah adanya dua kakak beradik dari India juga yang mewarisi kekayaan orang tua mereka yaitu Mukesh Ambani dan Anil Ambani. Mereka adalah anak dari industriawan terkenal di India Dhirubhai Ambani.

20 Besar Orang Kaya Dunia

Berikut daftarnya per-tanggal 3 Mei 2008:

  1. Warren Buffett - 77 Triliun Dollar
  2. Carlos Slim Helu - 60 Triliun Dollar
  3. William Gates III - 58 Triliun Dollar
  4. Lakshmi Mittal - 45 Triliun Dollar
  5. Mukesh Ambani - 43 Triliun Dollar
  6. Anil Ambani - 42 Triliun Dollar
  7. Ingvar Kamprad - 31 Triliun Dollar
  8. KP Singh - 30 Triliun Dollar
  9. Oleg Deripaska - 28 Triliun Dollar
  10. Karl Albrecht - 27 Triliun Dollar
  11. Li Ka-shing - 26,5 Triliun Dollar
  12. Sheldon Adelson - 26 Triliun Dollar
  13. Bernard Arnault - 25,5 Triliun Dollar
  14. Lawrence Ellison - 25 Triliun Dollar
  15. Roman Abramovich - 23,5 Triliun Dollar
  16. Theo Albrecht - 23 Triliun Dollar
  17. Liliane Bettencourt - 22,9 Triliun Dollar
  18. Alexei Mordashov - 21,2 Triliun Dollar
  19. Prince Alwaleed - 21 Triliun Dollar
  20. Mikhail Fridman - 20,8 Triliun Dollar
Sumber Artikel

Tidak ada komentar:

Posting Komentar