Rabu, 21 Mei 2008

Wikipedia Bakal Jadi Buku 1000 Halaman


Wikipedia (ist)

Berlin - Situs ensiklopedi online Wikipedia digemari banyak orang sebagai referensi cukup terpercaya di internet. Tak lama lagi dan untuk pertama kalinya, Wikipedia versi bahasa Jerman juga akan dibuat versi cetaknya oleh perusahaan Jerman, Bertelsmann.

Seperti dikutip detikINET dari AFP Jumat , juru bicara Bertelsmann menyatakan, versi cetak Wikipedia bertajuk "The One-Volume Wikipedia Encyclopedia" ini akan mencakup 50.000 entri yang paling sering diakses di Wikipedia Jerman.

Tak tanggung-tanggung, buku ini akan mencapai ketebalan sekitar 1000 halaman. Akan dirilis bulan September mendatang seharga sekitar 20 Euro, buku ini diharapkan diminati seperti halnya versi onlinenya.

Tentu saja Wikipedia juga kebagian untung dalam proyek ini. Sebanyak 1 Euro dari setiap kopi yang terjual akan disumbangkan pada lembaga Wikimedia, yayasan nirlaba yang membesut Wikipedia.

Namun pertanyaannya, akankah buku Wikipedia ini sukses? Pasalnya, banyak orang mungkin akan lebih suka mengakses Wikipedia online yang gratis daripada harus membayar bukunya.

Namun memang kelebihan buku ini, artikel yang dimuat akan dipastikan keakuratannya terlebih dahulu. Seperti diketahui, ada beberapa artikel di Wikipedia yang disinyalir tak akurat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar