Kamis, 08 Mei 2008

Bill Gates Tawarkan Bantuan Software Gratis Untuk SMP dan SMA


Bill Gates muda (ist.)

Bill Gates menawarkan bantuan software Microsoft gratis untuk perangkat komputer di SMP, SMA serta sederajatnya. Tapi ada syaratnya: bila pemerintah berhasil mendapatkan komputer murah, bantuan bisa direalisasikan pada 2009.

Tawaran simpatik ini disampaikan oleh Chairman Microsoft Corp. Bill Gates pada Presiden SBY dalam kunjungan kehormatannya, Kamis (8/5/2008), di Kantor Presiden, Jakarta.

"Nanti yang diperbantukan ke kita software baru. Dia (Bill Gates, red) nggak mau membantu dengan software usang," ungkap Mendiknas Bambang Sudibyo usai pertemuan sore ini.

Tidak disebutkan berapa nilai total software yang akan disumbangkan oleh Microsoft tersebut. Jumlahnya akan sangat tergantung dari berapa banyak unit komputer yang disediakan Depdiknas untuk proyek pengadaan laboratorium di jenjang pendidikan menengah dan atas kelak.

Mengenai ini, Mendiknas mengakui belum semua SMP, MTS, SMA dan SMK memiliki fasilitas laboratorium. Tapi jumlah unit yang ada di 70% SMP dan 45% SMA se-Tanah Air sudah melebihi jumlah unit komputer di Malaysia, dan spesifikasinya sudah bisa untuk menampung software baru bantuan Microsoft.

"Software kan nggak harus dikaitkan dengan komputer lama atau baru. Komputer pun tiap tahun kita ada anggaran buat pengadaan baru," sambungnya.

Meski tawaran Bill Gates ini sangat menggiurkan, tapi pihak pemerintah tidak langsung menyatakan menerimanya. Masih sangat banyak detail teknis yang harus dibicarakan lebih jauh untuk aturan penerapannya kelak.

"Jadi kalau dibantu, anak-anak kita nanti (takutnya) jadi terbiasa dengan Microsoft nanti saat lulus. Itu artinya saya sudah bantu jadi marketing mereka. Ha..ha..ha...," gelak Bambang.
Luhur Hertanto - detikinet

Tidak ada komentar:

Posting Komentar