Jumat, 02 Mei 2008

China Bangun Pangkalan Nuklir Bawah Laut

China secara rahasia membangun pangkalan nuklir bawah laut yang dapat mengancam negara-negara Asia dan menantang kekuasaan Amerika Serikat (AS) di kawasan itu.

Tampilan satelit yang dikirimkan kepada Daily Telegraph menunjukkan sebuah pelabuhan besar telah dibangun dan dapat menyimpan misil balistik bawah laut dan menjadi pangkalan pesawat pengangkut.

Jika keberadaan pangkalan ini benar adanya, maka akan menjadi tantangan besar bagi dominasi angkatan laut AS dan negara-negara yang berada di Laut China Selatan. Sebuah foto menunjukkan nuklir bawah laut China, 094, berada di pangkalan itu dan berjarak beberapa ratus mil dari negara tetangganya.

Gambar lainnya menunjukkan sejumlah kapal perang ditambatkan di dermaga yang panjang, dan sebuah jaringan terowongan di pangkalan Sanya di ujung kepulauan Hainan. Demikian diberitakan Daily Telegraph, Jumat (2/5/2008).

Pintu masuk terowongan itu diperkirakan memiliki tinggi 60 kaki, dan memanjang hingga lereng bukit di sekitar pangkalan. Sejumlah sumber mengkhawatirkan terowongan itu dapat menyembunyikan lebih dari 20 nuklir bawah laut dari pantauan satelit.

Bukti satelit juga menunjukkan ada 11 terowongan di pangkalan itu. (jri) okezone.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar