Minggu, 11 Mei 2008

Ikan Arwana Terancam Dipatenkan Malaysia



Pontianak: Ikan arwana merupakan ikan hias yang memiliki nilai jual mencapai ratusan juta rupiah. Untuk ikan arwana sepanjang lima sentimeter, harganya mencapai Rp 4 juta per ekor. Sedangkan yang dewasa bisa dihargai Rp 300 juta per ekor. Selain mahal, ikan arwana juga dipercaya sebagai pembawa keberuntungan.

Keistimewaan itulah yang membuat para pencinta ikan arwana di Pontianak, Kalimantan Barat, baru-baru ini, tertarik mengikuti kontes. Dalam kontes itu ditampilkan puluhan ikan arwana. Namun tahukah Anda, jika harga ikan arwana yang menjulang bertolak belakang dengan kemunculan awal ikan ini. Sebelumnya, penduduk setempat hanya menjadikan arwana sebagai bahan buat ikan asin yang harganya beberapa ribu rupiah saja.

Sayangnya, ikan hias termahal di dunia ini terancam dipatenkan oleh Malaysia. Pasalnya, negara tetangga itu saat ini tengah mengembangbiakkan arwana merah secara besar-besaran. Bila pemerintah Indonesia tidak bertindak cepat, jangan heran lagi-lagi Malaysia mematenkan sesuatu yang khas milik Indonesia.(YNI/Amien Alkadrie)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar