Rabu, 07 Mei 2008

MU Masih Terkaya Di Dunia

Manchester United (MU) kembali menyandang status terkaya di dunia kali keempat berturutan. Majalah Forbes melaporkan kekayaan MU saat ini bernilai 1,8 miliar dolar AS. Jauh lebih tinggi dari Real Madrid yang memiliki kekayaan 1,285 miliar dolar AS.

MU, menurut majalah itu, memperoleh pendapatan operasional 111 juta dolar sepanjang musim ini, atau 1 juta dolar AS di bawah Real Madrid. MU juga mengungguli Dallas Cowboys -- klub rugby di Liga AS -- yang memiliki asset 1,5 miliar dollar AS.

Setan Merah yang berambisi meraih dua gelar; Liga Primer dan Liga Champions, makin bertambah kaya sejak Malcolm Glazer -- pengusaha asal AS keturunan Yahuni-Lithuania -- mengambil alih saham mayoritas klub.

Empat klub Inggris Liga Primer masuk dalam 10 besar klub terkaya. Bahkan Liga Primer tercatat sebagai kompetisi terkaya di dunia, menungguli Seri A dan La Liga.

Arsenal di peringkat ketiga dengan kekayaan 1,2 miliar dolar AS. Disusul Liverpool dengan asset 1,05 miliar dolar AS. AC Milan di peringkat keenam dengan 798 juta dolar AS, di bawah Bayern Munich yang memiliki kekayaan 917 juta dolar AS.

Dengan kekayaan 764 juta dolar, Chelsea berada di peringkat kedelapan, di bawah Barcelona yang memiliki kekayaan 784 juta dolar AS. Juventus di tempat kesembilan dengan 510 juta dolar AS. Schalke 04 di urutan kesempuh dengan 470 juta dolar AS.

Forbes menyebut Emirates Stadium sebagai tambang emas Arsenal. Stadion berkapasitas 60.432 penonton ini mengeruk pendapatan hingga enam juta dolar AS setiap laga, melampaui perolehan Old Trafford -- stadion milik Manchester United -- yang hanya mengeruk 5 juta dolar AS per laga.

Padahal Old Trafford adalah stadion terbesar di Liga Primer dengan kapasitas 76 ribu kursi. Gusti Satya ( 7 Mei 2008 )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar