Minggu, 04 Mei 2008

Tanpa Yahoo, Microsoft Tetap Perangi Google



SAN FRANSISCO - Microsoft memastikan bahwa mereka tetap bisa memenangkan persaingan dengan Google meskipun tanpa bantuan Yahoo. Walaupun mungkin membutuhkan waktu lebih lama dari yang diperkirakan.

Pernyataan ini diungkapkan CEO Microsoft Steve Ballmer kepada para analis dan pelaku industri yang masih menunggu dengan sabar langkah berikutnya yang akan dilakukan Microsoft untuk mengakuisisi Yahoo sebagai langkah strategi untuk mengalahkan dominasi Google.

"Saya tahu dengan pasti berapa harga yang pantas untuk Yahoo. Oleh karena itu, saya tidak akan menaikkan tawaran sedikit pun," ujar Ballmer seperti dikutip melalui AFP, Sabtu (3/5/2008).

Namun beberapa analis berpendapat bahwa Microsoft tidak akan mampu memenangkan persaingan di dunia maya tanpa mengakuisisi Yahoo. Untuk meraih itu, Microsoft harus rela menaikkan harga penawaran sesuai dengan keinginan Yahoo. Sebelumnya, Yahoo sendiri mengatakan penawaran akuisisi sangat terbuka bagi perusahaan mana saja jika harganya sesuai. Dan harga yang sesuai menurut Yahoo adalah USD35 per saham. Sedangkan Microsoft hanya mampu menawar hingga USD31 per saham.

Microsoft memberikan waktu kepada Yahoo hingga 26 April untuk menerima tawaran harga akuisisi tersebut tapi pionir internet asal California itu melewatkan waktu deadline begitu saja tanpa respon sedikit pun.

Ballmer meyakinkan para karyawannya bahwa Microsoft sangat yakin untuk tetap bergelut untuk menguasai pasar internet dari bisnis mesin pencarian dan iklan. Bahkan diprediksi pada dua tahun ke depan, kedua unit bisnis dunia maya itu akan tumbuh dan menghasilkan pendapatan sekira USD80 miliar setiap tahunnya di seluruh dunia. (srn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar