Minggu, 11 Mei 2008

Bos Nintendo Jadi Orang Terkaya di Jepang


Hiroshi Yamauchi (ist).

Tokyo - Nintendo Wii telah menjadikan mantan chairmannya, Hiroshi Yamauchi, 80, menjadi orang terkaya di Jepang. Berdasarkan laporan tahunan yang dilansir majalah Forbes, kekayaan Yamauchi naik USD 3 miliar atau sekitar Rp 27 triliun menjadi USD 7,8 miliar atau sekitar Rp 71 triliun.

Meningkatnya jumlah harta yang dimilikinya menjadikan Yamauchi melesat dari posisi ketiga orang terkaya menjadi posisi pertama, melampaui Akira Mori, bos pengembang properti terbesar di Jepang yang menjadi orang terkaya di tahun sebelumnya.

Sejak peluncurannya tahun 2006, penjualan konsol Nintendo Wii memang laris manis, jauh melampaui pesaing-pesaingnya seperti Sony Playstation 3 dan Xbox 360. Saham Nintendo yang berbasis di Kyoto pun melonjak tiga kali lipat hanya dalam kurun waktu dua tahun, mendongkrak nilai perusahaan menjadi USD 79 miliar atau sekitar Rp 726 triliun, dan mendatangkan keuntungan bagi Yamauchi yang memiliki saham sekitar 10 persen. Demikian seperti dikutip detikINET dari Canada.

Sementara tampil di posisi kedua hartawan Jepang adalah Akira Mori dan di posisi ketiga diduduki oleh Kunio Busujima, bos pembuat mesin judi ternama. Laporan peringkat kekayaan yang dilansir majalah Forbes ini berdasarkan kepemilikan saham publik dan prediksi tentang harta kekayaan pribadi.

Fransiska Ari Wahyu - detikinet

Tidak ada komentar:

Posting Komentar