Minggu, 04 Mei 2008

Fosil Mamalia Purba di Andes ( Mirip Tank )



Pegunungan Andes di Chili di zaman purba pernah dihuni mamalia yang memiliki bentuk tubuh mirip sebuah tank mini. Bagian leher hingga ekornya diselubungi perisai keras, seperti armadillo, namun perisainya menempel di tubuhnya dan tidak dapat dilepas.

Hewan yang diberi nama Parapropalaehoplophorus septentrionalis ini merupakan versi primitif Gyptodon, mamalia berperisai dan berekor lancip yang hidup hingga 10.000 tahun lalu. Jika Gyptodon seukuran VW kodok, berukuran panjang tiga meter dan berat tiga ton, hewan ini hanya sepanjang 76 centimeter dan berat 90 kilogram saja.

Kedua makhluk dikelompokkan ke dalam familia yang dinamai glyptodon. Asal-usulnya dari Amerika Selatan, namun kemudian menyebar hingga Amerika Utara setelah dua lempeng benua menyatu sekira 3 juta tahun lalu.

"Ia kelihatan berbeda daripada apapun yang hidup di darat saat ini. Sungguh tidak ada sesuatu yang mirip dengannya saat ini terutama dilihat dari bentuk tubuhnya," ujar john Flynn dari Museum Sejarah Alam Amerika di New York, AS, salah satu yang menelitinya.

Sosok mamalia yang mirip tank ini terkuat dari fosil perisai, rahang, kaki, dan tulang belakangnya yang ditemukan pada tahun 2004. Lokasi penemuan fosil berada pada ketinggian 4200 meter yang mengandung udara tipis, jarang air, dan suhu dingin. Namun, hewan tersebut tidak hidup pada lingkungan semacam itu.

Para ilmuwan yakin kawasan tersebut mengalami pengangkatan sejak Parapropalaehoplophorus septentrionalis hidup sekira 18 juta tahun lalu. Saat hewan tersebut hidup, kawasan tersebut mungkin berupa savana terbuka pada ketinggian 900 meter dari permukaan laut dan berisi rumput-rumputan yang diselingi pohon.

Di dekatnya ditemukan fosil-fosil hewan lainnya, misalnya hewan-hewan berkuku, hewan pengerat, dan opossum (sejenis tupai). Ttidak ditemukan jejak predator. Para peneliti memprediksi hewan berkantung yang mirip anjing dan burung raksasa yang tidak dapat terbang adalah pemangsanya. Kompas.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar